Minggu, 29 November 2009

Orang sering bertanya, apa salahnya bermimpi?...

Entah mengapa malam ini aku begitu on fire. Sehabis menyantap hidangan lezat salah satu alumni Birmingham University yang membeberkan ceritanya bahwa gampang sekali kuliah di UK (Owh gampang??). Yap, paling nggak tidak seribet yang selalu readers bayangkan. Kira-kira ada 13 high recommended universities yang bisa dijadikan sasaran megah nan mewah para foreign students to be untuk menuntut ilmu di negeri ratu Elizabeth ini. Dan andaaaai saja aku boleh memilih sekarang maka aku akan memilih satu diantaranya, yaitu jatuh pada University of Liverpool. Saat ini, salah seorang dosen mikrobiologiku sedang berjuang di University of Leeds. Beberapa tahun kemarin, salah seorang dosen kimia organikku juga telah lepas landas dari University of Bristol (Leeds dan Bristol adalah termasuk salah dua dari yang 13 tadi) menggondol gelar Ph. D. hehehe, kira-kira seumuran beliau aku bisa menggondol apa yah? Hmmm penasaran oh!

Tahu nggak apa syarat belajar di sana? Katanya gampang tapi menurutku sih susah, yaitu harus lulus IELTS. Itu doank sih, selebihnya bisa diatur dan bisa sambil jalan (Halooouw anybody?? Tell me how to get the highest score in IELTS!!!) Soal spesifikasi bidang tentu sudah harus punya sebelumnya, buat apa pergi jauh-jauh ke sana kalau cuma seneng-seneng doank, idiiih apatis euy!! Berharap suatu saat bisa menjadi noktah yang turut me-melati-kan nama Indonesia di kancah Internasional. Maka pemantapan bidang adalah yang pertama dipikirkan setelah lulus strata 1, bahkan sebelum lulus harus mengenal jati diri, apa spesifikasi kita. Dan aku?? Hihi dengan sangat sok-sok-an aku mendeklarasikan diri bahwa aku akan mengambil bidang organic-chemistry.

Heih, apa tujuan aku pingin sekolah di sana? Begini, sewaktu SMP aku berpikir bahwa “nantinya aku harus kuasa untuk menjadi guru SMP dan menguasai ilmu-ilmunya”, lalu sewaktu SMA ambisiku pun lumayan sama “seharusnya lulus SMA aku harus bisa menjadi guru SMA, menguasai ilmu yang dipunyai guru-guru SMA”. Dan sekarang…. Pas aku kuliah aku kepikiran “Seharusnya tiap tamat semester aku bisa menguasai ilmu yang telah diajarkan Pak Buk dosen pada semester lalu!!!” namun, apa kalian tahu? Ternyata itu sulit sekali. Aku hanya menguasai beberapa mata kuliah saja.. itu pun dengan ngosh-ngosh-an, entirely tired. Sekarang aku pikir bahwa mata kuliah yang benar-benar membuatku on fire di sini –yang bergengsi, itu adalah segala sesuatu tentang Kimia Organik dan Farmakologi [beserta ‘derivate’ ilmunya]. Tadinya aku akan mengambil spesifikasi Farmakologi karena aku mengidolakan Sang Dosen Farmakologi, tapi…. Mencit Oh Mencit!! Aku begitu takut sama yang namanya mencit dan tikus… mendingan terkontaminasi kloroform dari pada harus per oral sama mencit… hiks, Help me.!!

Ya sudahlah, aku ikhlaskan aja. Kini, malam ini (sebenarnya sudah bermalam-malam lalu) aku membulatkan tekat untuk mendalami ke-organik-an. Bagaimana kalau harus lulus dengan predikat Cumlaude? Kata ovik, itu mungkin kok. But It means, I am to be an extraordinary fighter! Semester besuk kucoba melamar asisten di sana, menggantikan sang mBahurekso Lab Organik Unit IV FA UGM, alias Mas Napi. I hope I can be as good as him, or may be better?? Siippo! (denger-denger beliau si mBahurekso ini sedang akan mencoba jadi dosen organik di SaDhar dan UMS.. hmm, semoga terbuka jalannya deh ya, aamiiin)

Saat ini, formula dari The Alchemist aku terapkan sekali. If you really want something to happen, the universe conspires so that your dream comes true!! Katanya, bermimpi itu tidak salah. Yang salah adalah ketika kita dengan sengaja dan tanpa sebab tiba-tiba meredupkan kekuatan sebuah harapan sehingga nyali kita menjadi ciut. Maka aku langsung sms kawan lamaku yang tergila-gila sama petuah kuno “You’ll never walk alone” [?] That’s Liverpool’s. The safest city in Europe. Kotanya The Beatles, kotanya kapal karam Titanic, pokoknya serba-serbi legendaries dehh, Ajib!! Aku katakan pada si kincrut bahwa aku hendak kesana nantinya. Ahahahahh pe de bangeeet. Lho, pe de itu perlu lho mbak-mas…salah satu bentuk Euphoria kok yoo. Eeeh malah dia membalas “Kesurupan John Lenon po kw?? Golekke ttd-ne Gerrard. Nek rung oleh raoleh mlh ng indonesa!” Weleh!! Hahaha “Eeeih LiverpoooooooLLL, A’L COOOOOOOOME!!!

[kan aku masih muda, maklum yah… haha…]

Tidak ada komentar: